Breaking

Friday, June 29, 2018

REISUB : Cara Merestart Linux Saat Not Responding

Assalamu'alaikum Wr. Wb


Abdul Hafid Gunawan - Hai sobat setia SC Blog yang di Rahmati Allah SWT , kali ini saya akan membagikan sedikit tentang Apa itu REISUB & REISUO .

PENGERTIAN

SleepingCodings - Linux adalah sebuah Sistem Operasi yang bersifat Open Source ( bebas ), yang dimana bebas ini memiliki arti  bisa di distribusikan dan di kembangkan bersama .

LATAR BELAKANG

Pasti teman - teman pernah merasakan yang namanya sistem operasi yang tidak mau merespon setiap perintah / masukan / inputan  dan tidak dapat melakukan operasi apapun karena terjadinya atau munculnya istilah Not Responding. Saat komputer mengalami Not Responding pasti sebagian dari teman - teman merasa jengekel iya kan ? , Untuk pengguna Windows biasanya langsung menekan tombol CTRL + ALT + DELETE untuk membuka Task Manager, lalu melakukan memilih menu ( meskitpun terkadang tidak berhasil ). Nah, tapi cara yang di gunakan / Not Responding di setiap Sistem Operasi cara menanganinya tentu saja tidak sama bukan ?, Di Linux dengan menekan kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL lebih sering tidak berhasil untuk di lakukan saat Komputer sedang Not Responding / Hang sehingga memaksa kita untuk mematikannya secara paksa lewat tombol power ( cara yang amat tidak di sarankan ya Sob ).

Mematikan Komputer menggunakan tombol Power secara langsung ketika komputer / laptop mengalami hang sangat tidak di sarankan karena dapat merusak peforma dari perangkat tersebut. Harddisk yang dipaksa untuk berhenti saat bekerja dengan paksa dapat meningkatkan resiko mengalami kerusakan akibat Bad Sector. Oleh karena itu usahakan teman - teman untuk mematikan komputer / laptop dengan benar dan memperhitungkan setiap langkah yang akan di buat. Lalu bagaimana cara mengatasi komputer yang benar - benar mengalami hang / not responding dan sama sekali tidak bisa di apa-apakan selain di matikan paksa ?.

SOLUSI & PEMBAHASAN

REISUB & REISUO
Linux memiliki sebuat Trik yang bisa memaksa sistem Linux melakukan Restart meskipun sedang dalam kondisi Not Responding. Caranya ialah dengan menekan + menahan ( tombol kombinasi ) ALT + PrtScr/SysRq diikuti tombol R + E + I + S + U + B ( jika ingin melakukan shutdown, gunakan R + E + I + S + U + O ). Dengan menggunakan kombinasi beberapa tombol kombinasi tadi, kita dapat melakukan restart dengan cara yang lebih aman tanpa mematikan langsung dengan menekan tombol Power atau mencabut batarei. Jadi apa yang telah di lakukan oleh Sistem Operasi Bernama Linux ini ketika menekan tombol tadi ?.

Nah, ternyata Linux memahami Kombinasi - kombinasi tombol tertentu yang melibatkan PrintScr/SysRq. Diantara kombinasi - kombinasi tersebut adalah REISUB dan REISUO. Berikut ini langkah - langkah yang di lakukan setiap tombol :
  • R : Merubah sistem keyboard dari Raw Mode ke XLATE Mode.
  • E : Mengirim sinyal SIGTERM ke semua proses selain init (Proses Induk).
  • : Mengirim sinyal SIGKILL ke semua proses selain init (Proses Induk).
  • S : Melakukan sinkronasi semua filesystem yang di-mount.
  • U : Melepas semua filesystem yan ter-mount dalam read-only mode.
  • B : Melakukan proses reboot untuk sistem tanpa melepas partisi atau melakukan sinkronasi filesystem yang terpasang.
KESIMPULAN

Nah, dengan adanya Solusi REISUB & REISUO ini maka teman - teman tidak perlu kebingungan ketika laptop / komputer teman - teman mengalami Hang di saat sedang bermain ataupun kerja.

Semoga Bermanfaat ~ Wassalamu'alaikum Wr. Wb 

1 comment: