Breaking

Friday, July 6, 2018

Mengenal The Startup Triangle Team : Hacker, Hipster dan Hustler

Assalamu'alaikum Wr. Wb

SleepingCodings

Abdul Hafid Gunawan - Hai sobat setia SC Blog, bertemu lagi dengan saya Hafid di Blog SleepingCodings ini, semoga ilmu yang akan saya share ini bermanfaat untuk teman - teman.

PENGERTIAN

SleepingCodings - Kesuksesan sebuah Startup Digital ialah harus mempunyai tim yang kuat di dalamnya. Dave McClure dari 500 Startup mengatakan bahwa setiap startup harus memiliki tim yang terdiri dari hipster, hustler dan hacker. Ketiga karakter / peran ini biasa di sebut dengan The Startuo Triangle Team.

Apa sebegitu pentingkah ?, Sebuah startup bisa sukses, tak hanya didukung oleh ide dan modal saja, tetapi juga membutuhkan kolaborasi tim eksekusi yang baik. Dan disinilah peran dari hipster, hustler, dan hacker tsb.

The Triangle Team

1. Hustler (Marketting & Bussiness)

Setiap Tim pasti membutuhkan visioner dalam satu hal yaitu jualan, untuk menjual produk yang telah mereke buat. Dalam dunia Startup, posisi ini disebut dengan Hustler. Kebanyakan hustler adalah seorang pimpinan atau CEO dari sebuah perusahaan sehingga ia memiliki peran penting dari keberhasilan sebuah perusahannya. Oleh karena itu, seorang hustler di tuntut dapat menjual ide ke investeor, melakukan pitching produk ke konsumen, membentuk networking hingga fokus pada masalah perusahaan.


2. Hipster (Design & User Experience)

Nah, salah satu pembedanya di sini di sebuah Startup di butuhkan seorang yang memiliki kreatifitas dan memiliki passion di bidang desain, yang di kenal dengan sebuatan Hipster. Seorang Hipster harus memiliki cita rasa yang baik dalam mencitrakan startupnya sebagai brand yang bagus dan menarik sekaligus mengemas tampilan website atau aplikasi brand lebih user friendly.


3. Hacker (Engginer & Developer)

Yang terakhir ini tentunya, yang juga memiliki peran penting dari kedua peran lainnya. Hacker yaitu seseorang yang bertanggun jawab dalam bidang teknologi. Seorang Hacker harus memiliki passion di bidang Proggrammer / Proggramming (istilah luasnya coding), baik mengenai teknologi yang diinginkan pelanggan hingga membuat sebuah platform yang tujuannya untuk mengembangkan bisnisnya.

Sebenarnya, ada beberapa perusahaan sukses hanya dengan mengandalkan solo founder. Namun, jarang sekali ada orang yang memiliki tiga keahlian / kemampuan tsb sekaligus. Oleh karena itu, kehadiran hipster, hustler, dan hacker inilah pemecahan masalah agar sebuah startup bisa sukses.

Nah, pertanyaannya sekarang apakah temen - temen memiliki kemampuan dari tiga karakter tersebut yang merupakan peran penting dari sebuah startup ?, atau memiliki dari salah satu peran tsb ?. Kalau iya, tidak ada salahnya bagi temen - temen untuk menjadikannya sebagai profesi temen - temen kedepannya.

Sekian & Semoga Bermanfaat ~

Wassalamu'alaikum Wr. Wb   

No comments:

Post a Comment