Breaking

Friday, November 3, 2017

Persiapan Sebelum Membuat Sebuah Aplikasi

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Image result for gambar 5W + 1H animasi
PENGERTIAN
SleepingCodings - Bingung mau bikin Program Aplikasi mulai dari mana?. Nah, biasanya kebanyakan dari seluruh programmer jika sudah menentukan ingin membuat suatu program aplikasi maka akan langsung duduk dan langsung mengerjakannya (coding). Nah, itulah hal yang salah, karena sebelum kita coding, kita harus mulai dengan mendefinisikan 5W + 1H, dari aplikasi yang Author atau temen" Programmer buat tujuannya adalah agar proyek yang sedang kita kerjakan agar tidak sampai terjadi bahwa aplikasi kita salah arah dan menyimpang dari tujuan awalnya tadi.

LATAR BELAKANG
Untuk kali ini Author akan membahas kegunaan dan bagaimana merancang sebuah program atau aplikasi yang baik dan bertahan lama. Karena kebanyakan programmer tidak memperhatikan tentang perencanaan awal dan akhir dari suatu aplikasi yang akan dibuatnya tersebut. Nah, maka dari itu di perlukan 5W + 1H untuk menentukan tujuan dan hasil yang akan didapatkan. Karena, 70% keberhasilan dari pembuatan aplikasi ataupun konfigurasi yaitu dari perencanaan yang matang sisanya ialah sewaktu Teknisnya (kerjanya).

MAKSUD DAN TUJUAN
1. Aplikasi yang di buat akan tahan lama(kuat).
2. Aplikasi yang di buat akan selalu dan dapat memiliki pengembangan yang jelas dan terarah.
3. Mengakibatkan dapat berpikir secara luas.
4. Mempunyai perencanaan yang matang.
5. Menghilangkan kebingungan dalam membuat program.
6. Menghilangkan program atau aplikasi yang mempunyai banyak error saat di jalankan. 

APA SIH YANG DI MAKSUD 5W + 1H ?
5 W + 1 H ialah sebuah singkatan yang terdiri dari :

1.) Why?
     Why jika di bahasa Indonesiakan atau di translate artinya Kenapa , yang maksudnya ketika temen" Programmer membuat sebuah aplikasi temen" harus berpikir seperti ini :
"Kenapa aplikasi ini perlu dibuat, apa keuntungannya nanti bagi para penggunanya?".


2.) What?
      Nah, What yang apabila di artikan ke Bahasa Indonesia adalah Apa, yang maksudnya apabila temen" Programmer membuat sebuah aplikasi temen" harus berpikir :
"Apa saja yang bisa dilakukan oleh aplikasi akan Anda buat, misalkan harus bisa mencatat sebuah data nama siswa kelas A.
Nah, tentunya temen" harus memiliki perencanaan seperti itu kan. Agar temen" bisa mengembangkan kedepannya.

3.) Where?
      Where yang artinya Dimana , Nah maksudnya ialah  :
"Dimana aplikasi akan di pakai atau di terapkan?"
, ataukah menggunakan sebuah server sekolah yang bersangkutan, atau sewa sebuah hosting. Nah tentunya, temen" juga harus memikirkan hal tersebut.

4.) When?
      When artinya Kapan , Nah temen" mulai dari pertanyaan ini juga harus berpikir bahwa :
"Kapan aplikasi ini mulai di buat dan kapan aplikasi ini akan selesai di buat"
Nah, dari kesimpulan di atas, apa yang temen" pikirkan jika temen" sekarang di sebuah perusahaan dan temen" memiliki sebuah projek yang akan temen" programmer ajukan ke Atasan (Bos) pemilik perusahaan, dalam pengajuan tersebuat temen" menjelaskan kegunaannya beserta 5W + 1H ini, Author jamin 100% Bos anda akan mengira skill temen" Programmer ini sudah seperti seorang Pekerja Professional .

5.) Who?
      Who di sini berarti Siapa , yang maksudnya ialah :
"Siapa saja (anggota) yang akan mengerjakan aplikasi tersebut, Siapa pula yang akan kita mintai konsultasi tentang pembuatan aplikasi yang bersangkutan tersebut, dan Siapa pula user yang kita layani dan yang dapat kita tanyai setiap harinya dalam pembuatan aplikasi tersebut".

Nah, maka dari itu kita harus menentukan siapa saja sih personil yang akan mengerjakan, dan berapa bobot dari pengerjaan sebuah aplikasi tersebut nah maka dari itu di tentukan berapa orang yang akan ikut mengerjakan sebuah aplikasi tersebut.

6.) How?

      How artinya Bagaimana , yang di maksud ialah :
"Tentukan sebuah bahasa pemrograman yang akan temen-temen Programmer pakai dalam membuat, mendesain aplikasi tersebut".
Nah, dari yang di atas dapat di ambil kesimpulan bahwa kita harus mempersiapkan, dan mengukur kemampuan kita dalam membuat sebuah program aplikasi tersebut.

HASIL YANG DI DAPATKAN
1. Membuat sebuah Program / Aplikasi dengan perencanaan yang matang akan membuat aplikasi yang sempurna.
2. Aplikasi akan berjalan sesuai keinginan.
3. Memiliki sebuah Perencanaan yang matang.
4. Mudah di percaya oleh Orang lain apabila dalam pembuatan sebuah Aplikasi.
KESIMPULAN
Nah, dari kesimpulan yang Author dapat dari penjelasan di atas ialah temen" harus mempunya sebuah Planning yang matang dalam pembuatan aplikasi, karena apa?, karena sebuah aplikasi yang di buat dengan cara pembuatan menggunakan Planning secara matang terlebih dahulu akan membuahkan hasil yaitu Aplikasi akan bertahan lama, dan juga apabila temen" menerapkannya di sebuah perusahaan akan ada kemungkinan bahwa temen" akan di anggap dan di naikkan jabatannya karena di anggap sebagai Pekerja Profenssional di bidangnya.
Semoga Bermanfaat ~

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

No comments:

Post a Comment