Breaking

Monday, November 13, 2017

MySQL : Perbedaan MySQL dengan MySQLi

Assalamu'alaikum Wr. Wb

PENGERTIAN
SleepingCodings - MySQL ialah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL. Database Management System (DBMS) mempunyai sifat multithread, multi-user. 

LATAR BELAKANG 
Author kali ini mensharing tentang perbedaan tentang MySQL dengan MySQLi agar temen" lebih mengetahui tentang perbedaan , kegunaan, serta pembaruan di antaranya. 

MAKSUD DAN TUJUAN
1. Mengetahui Perbedaan antara MySQL dengan MySQLi.
2. Penerapan akan aplikasi akan menjadi mudah karena mengetahui perbedaan dari versi sebelumnya (MySQL ke MySQLi).

PERBEDAAN MySQL DAN MySQLi
Sebelumnya, temen" pasti selalu menggunakan extension mysql dari PHP untuk mengakses MySQL. Fungsi-fungsi yang kita pelajari sebelum adanya MySQLi (seperti fungsi mysql_connect, mysql_query, dan mysql_fetch_array) memang sudah tidak disarankan lagi, tetapi saya tetap membahasnya sebagai dasar bagi kita untuk masuk ke extension yang lebih baru yaitu mysqli dan PDO.

Terhitung dari PHP versi 5.5, extension mysql tidak lagi disarankan penggunaannya dan berstatus deprecated, yang berarti mungkin akan dihapus pada PHP versi berikutnya. Kita disarankan untuk mulai beralih menggunakan mysqli atau PDO. Mari kita bahas tentang mysqli terlebih dahulu.


MySQLi merupakan kepanjangan dari MySQL Improved Ekstension, Nah yang di maksud ekstension di sini ialah perbaikan dan penambahan fitur dari ekstension MySQL yang sebelumnya. Extension mysqli dibuat untuk mendukung fitur-fitur terbaru dari MySQL Server versi 4.1 keatas.



Secara garis besar, tidak ada perbedaan mencolok antara mysql extension dengan mysqli extension. Nama-nama fungsi didalam mysqli sebagian besar mirip dengan apa yang telah kita pelajari (extension mysql).
Sebagai contoh, untuk membuat koneksi dengan MySQL Server, di dalam mysql kita menggunakan fungsi mysql_connect(), sedangkan di dalam mysqli, kita menggunakan mysqli_connect(). Begitu juga dengan fungsi lain seperti mysql_query() menjadi mysqli_query().
Selain menambah huruf “i” di dalam nama fungsi, argumen-argumen yang dibutuhkan juga hampir mirip. Perbedaannya, jika di dalam extension mysql umumnya kita bisa meletakkan argumen resources di akhir fungsi, maka di dalam mysqli, argumen ini diteletakkan di awal.

Sebagai contoh, di dalam mysql kita menulis:
mysql_query("SELECT * FROM siswa");
Note : // Nah di sini mysql belum menerapkan penulisan ($koneksi, $query); nah yang dimaksud di sini ialah, mysql hanya menggunakan querynya saja tanpa perlu memanggil variable yang menghubungkan koneksi.

Sedangkan di dalam mysqli penulisannya menjadi:
mysqli_query($link, "SELECT * FROM siswa");
Note : // Nah, ketika temen" menggunakan MySQLi, maka secara otomatis temen" harus menggunakan sebuah coding / fitur baru yang di terapkan di MySQLi yang baru, yaitu penulisannya variabel yang menghubungkan koneksi lalu querynya .
Sebagai contoh lagi dari Author :
koneksi.php
$host = "localhost";
$user = "root";
$pass = "";
$db = "latihan";
$koneksi = mysqli_connect($host, $user, $pass, $db)or die ("Configurtion Error 404");

Nah, jadi kita akan memanggil querynya seperti ini jika menggunakan MySQLi :
mysqli_query($koneksi, "SELECT * FROM siswa");

Nah, tulisan yang bercetak biru memanggil koneksi yang menghubungkan dengan database, lalu baru memasukkan querynya yaitu text yang berwana emas. Namun perbedaan paling mendasar di dalam mysqli adalah mysqli mendukung cara penulisan object oriented programming.
Mengenal 2 jenis Mysqli Style: Procedural dan Object Oriented :
Agar proses “migrasi” dari mysql ke mysqli tidak terlalu membingungkan kok, PHP memberikan 2 alternatif cara penulisan mysqli.
  • Cara yang pertama adalah menggunakan procedural style. Cara ini mirip dengan extension mysql, dimana kita menggunakan fungsi-fungsi untuk mengakses database MySQL.
  • Cara kedua adalah dengan object oriented style. Dengan cara ini, kita menggunakan aturan penulisan pemrograman objek untuk berkomunikasi dengan MySQL.
Kedua jenis style pemrograman mysqli ini menggunakan nama fungsi dan method yang kurang lebih sama. Sebagai contoh, di dalam procedural style mysqli, terdapat fungsi mysqli_query(),sedangkan dalam OOP style mysqli, kita menggunakan method $mysqli->query(). Kita akan membahas lebih dalam tentang cara penggunaan 2 style ini.

KESIMPULAN
Nah, jadi perbedaan dari MySQL dan MySQLi ialah terdapat dari versinya, versi MySQL ialah versi 5.5 kebawah sedangkan MySQLi itu versi di atas 5.5 dan terdapat beberapa fitur tambahan dalam penggunaan fitur penulisan SQLnya.

REFERENSI
1. E-Book MySQLi
2. YukCoding
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

1 comment:

  1. thanks infonya
    kunjungi website kita www.uma.ac.id , www.ekonomi.uma.ac.id

    ReplyDelete