Breaking

Sunday, October 15, 2017

Sharing Dengan Mbah Suro : Mengenal Logika & Algoritma Pemrograman Dasar Yang Wajib Di Pahami oleh Programmer

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Image result for gambar logika dan algoritma animasi


A. PENDAHULUAN
1. PENGERTIAN
SleepingCodings - Logika dan Algoritma merupakan suatu hal yang berbeda namun saling terkait. Nah, Logika dan Algoritma ini bisa di perumpamakan apabila temen" akan membuat sebuah website maka temen" perlu memahami kedua hal ini yaitu Logika dan Algoritmanya untuk pemecahan masalah, dan persiapan awal sebelum membangun sebuah website ataupun sebuah aplikasi.

2. LATAR BELAKANG

Author membuat tutorial ini gunanya agar temen" Programmer yang sedang membaca artikel yang Hafid share bisa memberikan suatu gambaran sekaligus pembenahan dalam logika temen", jadi temen" harus memiliki kedua hal tersebut agar sewaktu membuat website atau yang lainnya kita akan merasa mudah, dan jika ada masalah akan cepat teratasi. Nah, ini juga koreksi untuk Author yang selama ini salah menganggap bahwa Logika dan Algoritma tidak di butuhkan saat kita membangun sebuah aplikasi.

3. MAKSUD DAN TUJUAN


  • Dapat membangun sebuah aplikasi secara efektif
  • Dapat memecahkan masalah dengan gampang
  • Dapat membedakan dan mengetahui apa itu Algoritma dan Logika

C. PEMBAHASAN
Nah, pengertian Logika dan Algoritma :
1. Logika merupakan suatu cara untuk memecahkan masalah pemrograman yang akan di hadapi atau yang di hadapi.
2. Algoritma merupakan suatu cara agar membuat masalah tersebut terselesaikan secara runtut dan urut sesuai jalurnya.

Berikut ini logika pemrograman dasar yang dapat dipelajari oleh calon pembuat program :

1. Logika Aritmatik
    Nah, di sini Logika Aritmatik itu sangat di butuhkan dan sangat di pakai dalam kehidupan sehari-hari, nah pastinya di dalam Logika Aritmatik ini pasti ada sebuah operator penjumlahan, pengurangan dan lain sebagainya. Nah, maka dari itu logika aritmatika masih harus kita pelajari untuk menjadi pembuat program yang handal. Logika ini akan membantu kita dalam memecahkan permasalahan terkait dengan perhitungan, termasuk di dalamnya kasus-kasus yang membutuhkan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, atau perhitungan lainnya.
2. Logika Perbandingan
    Logika Perbandingan disini seperti sebuah perumpaan/penalaran terhadap kedua benda yang akan di bandingkan satu sama lain. Jenis logika ini dapat kita gunakan untuk membuat sebuah persyaratan untuk tercapainya sebuah kondisi. Misalnya, jika kita ingin membuat kontrol lampu dengan menggunakan kondisi cahaya yang ada, maka kita dapat menggunakan logika perbandingan “lebih kecil”. Kita dapat menggunakan logika “jika nilai A lebih kecil dari 35, maka lampu B akan menyala”. 
3. Logika Boolean
    Logika Boolean yaitu Logika yang memiliki nilai True and False, nah Logika Boolean ini biasanya sangat" di pakai jika temen" sudah memasuka bahasa pemrograman seperti PHP, Pascal dan lain sebagainya. Logika Boolean juga bisa di artikan sebagai sebuah penalaran yang menghasilkan nilai Benar atau Salah dari dua buah kondisi yang digunakan sebagai syarat. Misalnya kita menggunakan logika “dan”, maka nilai dari hal tersebut akan bernilai “benar” jika kedua kondisi syaratnya memiliki nilai “benar”. Akan tetapi, jika nilai salah satu atau bahkan kedua kondisi syarat tersebut bernilai “salah”, maka hal tersebut akan bernilai “salah” juga. Contoh lainya adalah logika “atau”,di mana nilai hasil akan selalu “benar” jika salah satu kondisi syarat memiliki nilai “benar”, dan akan bernilai “salah”, jika dari kedua kondisi syarat tidak ada yang memiliki nilai “benar”.   

D. HASIL YANG DI DAPATKAN

1. Dapat membuat kinerja lebih efektif dan efisien
2. Dapat membuat temen", memiliki daya ingat dan perencanaan yang matang

E. KESIMPULAN

Nah, dari Logika dan Algoritma ini intinya bahwa Logika itu sebagai penemuan/solusi pemecahan masalahnya sedangkan Algoritma itu sendiri menyelesaikan masalah tersebut secara runtut dan sesuai alurnya.

Semoga Bermanfaat ~

G. REFERENSI

=> TeknoJurnal

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

No comments:

Post a Comment